Subscribe:

Pages

Jumat, 05 Oktober 2012

Keindahan Alam Indonesia

















Indonesia adalah negara kepulauan yang begitu kaya dan Indah. Namun banyak dari kita yang tidak mengetahuinya dan tidak memanfaatkannya dengan baik. Indonesia terdiri dari beragam kebudayaan dan alam yang begitu menakjubkan, bahkan beberapa pantai atau laut di Indonesia merupakan salah satu pantai terindah di dunia, dan merupakan flora dan fauna terlengkap di dunia (lautnya). Berikut adalah beberapa keindahan alam Indonesia yang mungkin para masyarakat belum mengetahuinya :

1. Raja Ampat :
  Raja Ampat


Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di Papua barat, yang Ibu Kota nya terletak di Waisai. Wisata bahari Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 wisata menyelam terbaik di dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia, dan memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Wilayah Raja Ampat mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut, 540 jenis karang, 1511 spesies ikan yang hidup di terumbu karang, 700 jenis moluska, 10 kali lipat jumlah spesies karang yang ditemukan di seluruh karibia, 5 spesies penyu laut langka, 57 spesies udang mantis, 13 spesise mamalia laut, 27 spesies ikan yang hanya anda dapat lihat di Raja Ampat. Menurut laporan The NatureConservancy dan Conservation International sekitar 75% spesies di dunia ada di Raja Ampat



2. Pegunungan Jaya Wijaya :
                                                       
Puncak yang juga terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua (seven summit) yang sangat fenomenal dan menjadi incaran pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Puncak jayawijaya terletak di taman nasional laurentz, papua. Puncak ini diselimuti oleh salju abadi. Salju abadi di puncak jayawijaya merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia. Di negeri kita yang dilalui garis khatulistiwa ini, menyaksikan adanya salju di indonesia tentunya sesuatu yang mustahil untuk bisa dimengerti. Carstenz pyramid (4884 mdpl) adalah salah satu puncak yang bersalju tersebut. Puncak tertinggi di asia tenggara dan pasifik ini terletak di rangkaian pegunungan sudirman. Puncak ini terkenal tidak hanya karena tingginya, tetapi juga karena terdapat lapisan salju di puncaknya.
3. Danau Sentani :

Perjalanan ke Papua bisa sangat menyenangkan dengan berkunjung ke Danau Sentani, danau ini memiliki pemandangan yang indah di atas kilauan air, terletak di dekat Jayapura, ibu kota Papua. Keheningan air akan membuat Anda merasa damai seperti berada di surga. Dengan merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan tumbuhan subur sebagai latar belakang yang indah dan melindungi 24 desa yang betengger sekitar danau menjadikan danau ini sangat indah dan unik.
4. Gunung Gamalama :

Gunung gamalama merupakan salah satu gunung api yang ada di provinsi maluku utara. Selain gunung ini, masih ada gunung gamkonora di kabupaten halmahera barat, gunung ibu dan gunung dakona yang berada di kabupaten halmahera utara, dan gunung kiebesi di halmahera selatan. Gunung gamalama sendiri terletak di pulau ternate dan memiliki ketinggian sekitar 1.715 m dpl (di atas permukaan laut).
Selain pemandangan yang mempesona, para pendaki juga akan menemui tempat-tempat unik di gunung tersebut. Di antaranya adalah mata air dalam lekukan batu seluas loyang besar, yang oleh masyarakat setempat disebut dengan mata air abdas. Konon, mata air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

5. Pantai Natsepa :

Pantai Natsepa terletak di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah merupakan lokasi wisata yang sangat terkenal di Ambon. Pantai Natsepa memiliki pasir putih di sepanjang pantai. Pantai ini terhalang oleh teluk Baguala sehingga merupakan pantai yang berarus ombak kecil. Orang Ambon bilang belum ke Ambon jika tidak mengunjungi pantai Natsepa. Tidak hanya terkenal dengan keindahan panoramanya, pantai natsepa juga terkenal akan rujaknya yang sangat menggiurkan, “Rujak Natsepa” atau “Rujak Suli” merupakan salah satu makanan khas daerah tersebut.
6. Pantai Ngurbloat :

Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata utama di Maluku Tenggara adalah Pantai Ngurbloat yang artinya Pantai Pasir Panjang. Pantai Ngurbloat terletak di desa Ngilngof di bagian barat pulau kei kecil. Sesuai dengan sebutannnya pantai berpasir putih ini memanjang hingga 3 kilometer.
7. Pantai Ngurtafur :

Selain pantai Ngurbloat, di Kabupaten Maluku Tenggara juga terdapat sebuah pantai lagi yang cukup unik, yaitu pantai Ngurtafur. Yang unik dari pantai Ngurtafur adalah karena pantainya sangat berbeda dengan pantai pasir putih pada umumnya yang terletak memanjang di tepian pulau, pantai Ngurtafur ini memanjang dari tepi Pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan lebar lebih kurang tujuh meter. Selain itu di daerah perairan sekitar pulau Warbal merupakan tempat Tabob atau penyu Blimbing mencari makan. Tabob merupakan salah satu hewan purba yang dilindungi, jadi disini merupakan wilayah konservasi Tabob yang dikelola WWF. Pulau Warbal terletak disebelah selatan pulau Kei kecil.
8. Pantai Likupang :

Pantai Likupang – Bitung – Sulawesi Utara, sebagai obek wisata sangat terkenal dengan keindahan alam -nya dengan pesona pantai yang nyaman serta pernah heboh ,ditemukan penyu hijau (chelonia mydas) yang sangat langka.
Bersantai di Pantai yang berpasir putih halus dan bersih ,Menyelam dan snorkling dapat dilakukan di pantai ini. Lokasi pantai Likupang terletak di 48 km dari Kota Manado, tepatnya di kecamatan Likupang, Kabupaten Bitung.
9. Pulau Lihaga :


Pulau Lihaga terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Pantainya berpasir putih dengan taman lautnya yang indah dan alami akan menggoda anda untuk berenang, snorkeling atau diving.Pulau Lihaga bisa di tempuh dari manado menuju Likupang sekitar 60 menit,sedangkan Dari Likupang atau tepatnya dari pelabuhan Serei, perjalanan ke pulau hanya ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal nelayan setempat.

10. Air Terjun Tinoor :

Di desa Tinoor ada sebuah lembah yang memiliki air terjun yang sangat menakjubkan bernama Air Terjun Tekaan Telu Regesan atau oleh masyarakat sekitar juga disebut sebagai Air Terjun Tinoor. Perjalanan menuju Air Terjun Tinoor cukup curam dan hanya dapat dicapai dengan kaki. Di hulu sungai, Anda akan melihat 4 buah air terjun dengan 1 air terjun terbesar di sebelah kanan. Disinilah Air Terjun Tinoor berada, menjulang tinggi di hadapan Anda dengan suara deburan air yang dijatuhkan dari ketinggian lebih dari 40 meter.
11. Wakatobi :

Wakatobi, mungkin sebagian orang akan mengira bahwa Wakatobi adalah nama suatu daerah di Jepang. Bukan, bukan! Wakatobi adalah gabungan dari nama-nama pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, pulau-pulau yang berada pada gugus kepulauan Tukangbesi, sebelah tenggara Sulawesi Tenggara. Konon Wakatobi adalah salah satu surga para diver karena di sini adalah habitat dari Clown Fish alias ikan Nemo yang lucu dan imut-imut itu! Pantai-pantainya pun begitu elok dan mantab sekali untuk dijejaki. Sejak akhir tahun 2002, WWF sudah berkolaborasi dalam suatu bentuk kemitraan dengan The Nature Conservancy (TNC) untuk membantu pengelola TN Wakatobi untuk memperbaiki rencana pengelolaannya, zonasi dan penerapan pengelolaan kawasan.
12. Taman Laut Bunaken :

Taman Laut Bunaken terletak di pulau Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.
13. Tanjung Bira :

UJUNG jazirah Sulawesi Selatan menawarkan wisata bahari yang sangat romantis. Pantai Tanjung Bira memiliki pemandangan laut yang jernih, pasir putih, dengan fasilitas yang sangat memadai. Datanglah ke Tanjung Bira. Rasakan lembutnya pasir sambil menikmati semilir angin. Pantai Tanjung Bira terletak di Desa Tanjung Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 40 kilometer sebelah timur Ibu Kota Kabupaten Bulukumba atau 200 kilometer sebelah tenggara Kota Makassar.

0 komentar:

Poskan Komentar